7 Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Posted on

TutorialServis.Com | Keyboard selain berguna untuk mengetik, juga berguna untuk memberikan perintah terhadap laptop/notebook kita. Maka dari itu, ketika keyboard laptop rusak atau error kita bingung harus bagaimana memperbaikinya.

Sebenarnya cara memperbaiki keyboard error sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya yaitu yang berjudul       Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error Dengan MUDAH

Namun, setelah keyboard sudah berhasil diperbaiki, yang harus kita lakukan adalah dengan merawatnya agar tidak rusak lagi. Nah, pada kali ini tutorialservis akan membagikan cara merawat keyboard laptop agar awet dan tahan lama.

Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Pastikan dibaca hingga selesai ya, agar kita tahu cara merawat keyboard seperti apa yang baik.

7 Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan lama

  1. Gunakan Cover Penutup Keyboard
    Gunakanlah penutup karet pada keyboard laptop anda. Accesories laptop yang ini sangat penting nih, walaupun hanya berbentuk karet. Tapi bisa menahan air yang tidak sengaja tumpah, sehingga tidak sampai masuk kedalam selah keyboard. Banyak dijumpai di toko accesories komputer karet penutup keyboard. Mulai dari yang biasa, sampai ada yang menutupi lekuk-lekuk dari keyboard.
    cara memperbaiki keyboard laptop agar awet
    Fungsi lain dari karet penutup ini adalah mengurangi masuknya debu atau kotoran pada keyboard. Karena berbahan dasar plastik, maka penutup ini bisa dicuci apabila telah kotor. Namun jangan menjemurnya ditempat yang terkena sinar matahari langsung.
  2. Jangan Menekan Terlalu Keras
    Keyboard laptop adalah jenis keyboard yang kesemua komponen terhubung dengan sebuah kumparan kabel kecil. Jek yang terhubung pada keyboardpun tidak lebih dari 5cm. Maka dari itu, ketika menggunakan keyboard harus hati-hati. Jangan menekan keyboard keras-keras.Keyboard laptop sangat berbeda dengan keyboard komputer, jadi perawatannya juga berbeda. Penggunaan keyboard yang keras, seperti ketika main game akan membuat keyboard mudah rusak, tidak sensitif dan bisa saja error selamanya.
  3. Bersihkan Debu dan Kotoran
    Agar keyboard tetap awet dan tahan lama, perlu dilakukan pembersihan teratur. Tujuannya adalah menghilangkan debu atau kotoran yang masuk di selah-selah keyboard. Gunakanlah kuas pembersih yang bisa dibeli di toko accesories komputer.
  4. Jangan Menaruh Benda di Atas Keyboard
    Terkadang kita lupa bahwa keyboard laptop bisa saja error jika kita menaruh benda-benda keras diatasnya. Seperti menaruh Handphone, atau benda keras lain. Kebiasaan buruk ini harus di hilangkan untuk menjaga agar keyboard laptop kita tetap awet dan tahan lama.
  5. Jauhkan Dari Air dan Makanan
    Kadang kita bekerja ditemani makanan dan minuman, itu hal wajar jika kita lebih lama didepan laptop/notebook. Namun perlu di ingat, apabila tanpa sengaja makanan atau minuman mengenai atau tertumpah diatas keyboard ini bisa menyebabkan error pada keyboard.Jauhkan makanan dan minuman dari keyboard minimal jarak 1 meter dari laptop. Usahakan ketika makan atau minum jangan didekat laptop.
  6. Tambahkan Keyboard Eksternal
    Untuk Anda yang suka nge Game, penggunaan keyboard dengan halus tentu mustahil. Apalagi game yang bersifat tantangan atau aksi. Maka dari itu agar keyboard utama laptop tetap awet dan tahan lama, tambahkan lah keyboard eksternal.Penggunaan keyboard eksternal dapat mengurangi penggunaan keyboard utama laptop. Hal ini bisa mencegah error pada keyboard.
  7. Perbaiki Keyboard Apabila Error
    Setelah anda melakukan cara-cara diatas namun keyboard tetap error atau tidak berfungsi, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan memperbaikinya.Memperbaiki lebih susah daripada mengganti, maka dari itu hati-hatilah dalam menggunakan keyboard. Lakukan langkah-langkah diatas dengan benar.

Demikianlah 7 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Agar Awet dan Tahan Lama. Semoga bermanfaat.

Loading...

Baca Juga: