5 Cara Mudah Menghilangkan Virus Di Laptop/Komputer [100%AMPUH]

Posted on

TutorialServis.Com | Virus adalah sejenis aplikasi jahat yang dapat merusak sistem pada laptop. Apabila laptop sudah terinfeksi oleh virus maka biasanya akan membuat kinerjanya lambat, ada sebagian atau seluruh data tidak dapat dibuka, ada aplikasi yang tidak bisa dibuka bahkan bisa error, ada folder yang hilang tetapi sebenarnya disembunyikan oleh virus.

Beberapa jenis virus ada yang hanya menyerang folder dengan cara menyembunyikannya, biasaya ini adalah sejenis virus shortcut atau virus hidden. Ada pula virus yang menyerang sistem operasi dari windows dengan cara merusak sistem, sehingga terkadang windows hanya restart terus menerus.

Untuk mengatasi virus terkadang mudah-mudah susah, mengapa? Karena kita harus mengetahui jenis virus dan harus tahu apa antivirus yang tepat untuk menghilangkannya dari laptop/komputer.

Cara Mudah Menghilangkan Virus Di Laptop/Komputer

Indikasi Sebuah Laptop/Komputer Terinfeksi Virus :

  1. Laptop menjadi lambat.
  2. Laptop sering restart.
  3. Ketika mencolokkan FD atau memori card, tiba-tiba seluruh data hilang. Sebenarnya ini hanya disembunyikan oleh virus.
  4. StarUp Windows menjadi lama, bahkan tidak mau booting windows.
  5. Ada file atau programs yang tidak bisa dibuka.
  6. Semua folder berubah menjadi satu programs saja. Seperti semua programs menjadi programs ms word.
  7. Tidak bisa membuka internet, walaupun tidak ada masalah pada koneksi
  8. Semua folder dirubah menjadi nama aneh kadang juga nama menjadi terbaik. Misal Awan menjadi nawA dll
  9. Tidak bisa mengubah file yang sudah tersimpan

Setelah mengetahui indikasi laptop terinfeksi virus seperti yang telah dijelaskan diatas, maka berikut ini adalah cara yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop yang sudah terinfeksi virus.

5 Cara Menghilangkan Virus Pada Laptop atau Komputer

Cara 1. Download Antivirus yang sudah terkenal dan mudah dalam menggunakannya.

Saran tutorialservis untuk antivirus adalah AVG, AVIRA, Kaspersky, Avast, dan terakhir Smadav.
Sebenarnya masih banyak antivirus serupa, namun dalam menggunakannya terkadang membuat kita bingung, dan ribet. Oleh karena itu beberapa antivirus yang disarankan diatas sangat direkomendasikan.

Menurut tutorialservis, Antivirus yang baik adalah yang membersihkan virus,  mudah digunakan dan tidak membuat pengguna bingung dalam mengoperasikannya.

Dowload semua antivirus diatas di internet, ada yang tersedia free ada yang berbayar. Untuk jenis AVG, Avira, Avast dan Smadav tersedia versi free. Ini sangat memudahkan pengguna ketika ingin melakukan download agar tidak khawatir untuk membayar atau membeli.Sedangkan Kaspersky sepertinya hanya menyediakan versi berbayar.

Sebenarnya apabila kita mempunyai uang yang cukup, membeli antivirus akan sangat bagus. Dikarenakan ini bisa membantu kita untuk mengamankan data-data penting di dalam laptop atau komputer kita.

Data yang penting tentu akan sangat berharga, apabila sampai terinfeksi virus maka ini akan membuat otak menjadi pusing.

Cara 2. Setelah selesai download antivirus silakan instal pada laptop atau komputer anda

Saran TutorialServis berdasarkan pengalaman selama ini. Gunakanlah 2 antivirus dalam 1 laptop/komputer, jangan semua dipasang. Gunakan antivirus lokal dan internasional agar laptop/komputer tetap stabil kinerjanya.

Contohnya adalah instal Smadav (antivirus lokal) dan AVG (antivirus internasional). Mengapa harus 2 antivirus? harus lokal dan internasional?? Karena pengalaman tutorialservis dalam mengatasi virus pada laptop/komputer adalah ketika scan laptop menggunakan anvirus lokal terkadang ada virus bandel yang tidak terdeteksi, tetapi setelah di scan menggunakan antivirus internasional virus yang bandel terdeteksi, sebaliknya ada virus yang tidak terdeteksi menggunakan antivirus internasional tetapi terdeteksi menggunakan antivirus lokal.

Semua tergantung pengguna, ini hanya sebuah saran dan berbasarkan pengalaman. Menginstal 1 antivirus pun sudah cukup apabila dirasa cukup untuk membersihkan virus yang menginfeksi.

Cara 3. Setelah antivirus terinstal, lakukan scan pada laptop/komputer secara total.

Apabila menginstal 2 antivirus makan scan dahulu menggunakan antivirus lokal lalu setelah selesai baru menggunakan antivirus internasional.

Pada proses scan virus, biasanya virus shortcut akan lebih dahulu terdeteksi. Virus shortcut adalah virus yang menginfeksi data dalam laptop dan menggantikan dengan file shortcut, terkadang karena tidak tahu kita tertipu oleh virus shortcut ini.
Dibawah ini adalah gambar contoh virus shortcut.
cara menghilangkan virus di laptop komputer mudah
Ketika sedang menyecan virus, usahakan jangan menggunakan laptop/komputer untuk bekerja. Jangan pula mencolokkan perangkat lain ke dalam laptop/komputer. Tunggulah sampai selesai proses scan virus.

Loading...

Cara 4. Restart Laptop/Komputer

Setelah proses scan virus selesai maka biasanya akan ada permintaan untuk menghapus virus, hapuslah virus sampai bersih. Setelah selesai maka restart laptop/komputer anda.

Kadang ada beberapa virus yang merusak sistem windows, jadi walaupun virus sudah bersih windows tetap error maka untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menginstal ulang windows.

Cara 5. Instal Ulang Laptop

Apabila setelah discan virusnya tetapi windows tetap error, maka langkah terakhir adalah dengan menginstal ulang laptop/komputer. Virus yang berbahaya memang kadang menyerang sistem pada windows, hal ini yang menyebabkan sistem lambat, tidak bisa booting, dan hang.

Instal ulang windows, setelah instal ulang maka lakukanlah scan total pada laptop, dan setelah itu instal driver dan program-program yang dibutuhkan.

Catatan:
Ada jenis virus yang paling berbahaya, salah satunya adalah jenis virus Cryptolocker. Virus ini menginfeksi seluruh data didalam laptop/komputer anda. Virus ini akan memberikan pesan kepada anda melalui semua file anda, bahwa anda harus melakukan pembayaran agar data didalam laptop/komputer anda bisa kembali normal.

Saran tutorialservis adalah, ketika anda merasa data didalam komputer/laptop anda tidak penting dalam artian bisa mengkopi dari laptop lain, maka abaikan saja. Beberapa tutorial di internet yang sudah dibaca tidak benar-benar mengatasi masalah ini. Maka langkah terakhir adalah dengan menginstal ulang laptop anda dan mem format semua data didalam hardisk anda. Hal ini tentu sangat menyedihkan, tetapi ini salah satu solusi. Apabila anda kurang percaya silakan cari tutorial di internet untuk mengatasi virus ini.

Tetapi apabila data ini sangat penting, maka salah satu jalannya adalah mengikuti kemauan pembuat virus yaitu dengan mentransfer sejumlah uang yang diminta. Biasanya dalam bentuk dollar, entah beberapa puluh dollar.

Ini adalah pengalaman tutorialservis langsung dalam mengatasi virus jenis cryptolocker. tutorialservis akan memberikan tips cara merawat laptop/komputer agar tidak terinfeksi virus.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Terinfeksi Virus

  1. Gunakanlah antivirus yang sudah terkenal dan mudah dalam penggunaanya.
  2. Apabila mempunyai uang yang cukup, belilah antivirus yang versi professional. Tetapi apabila uang pas-pasan gunakanlah versi yang free.
  3. Update setiap hari antivirus yang sudah terpasang pada laptop/komputer agar setiap ada perangkat yang masuk atau virus yang akan menginfeksi otomatis akan terdeteksi dan dihapus.
  4. Hati-hati dalam mencolokkan perangkat tambahan seperti flashdisk, memori card, SD card, dll. Pastikan di scan dahulu perangkat tersebut sebelum digunakan sehingga bersih dari virus dan siap digunakan.
  5. Selalu scan laptop/komputer anda setiap hari agar terbebas dari virus.
  6. Ketika antivirus sudah kadaluarsa, segera upgrade ke yang baru atau download versi terbaru dari antivirus yang anda instal.
  7. Jangan asal masuk situs web. Karena ada web yang berisi malware hingga virus jahat.
  8. Downloadlah baik itu mp3, video, dll di situs yang sudah familiar dan terkenal agar setidaknya terhindar dari virus.
  9. Setiap antivirus memilik upgrade tiap tahunnya, pastikan anda memperpanjang lisensi antivirus tersebut.

Demikianlah 5 Cara Menghilangkan Virus di Laptop/Komputer dengan Mudah dan ampuh. Semoga bermanfaat

Baca Juga: