[EPSON L120] Tutorial Mengatasi Printer Mati Total LENGKAP

Posted on

TutorialServis.Com | Pada kali ini tutorialservis akan membagikan cara mengatasi printer epson l120 mati total. Selain masalah general error dan service required printer epson juga terdapat masalah mati total. Printer ini adalah jenis printer yang bandel dalam pemakaiannya. Epson sangat mengutamakan kualitas cetak disetiap produk printer yang dikeluarkan. Walaupun harganya lebih tinggi daripada canon, tetapi hasilnya memang sesuai dengan harganya. Yaitu sangat memuaskan bagi konsumen yang memakainya.

Indikasi awal kerusakan ini adalah ketika printer akan digunakan untuk mencetak printer tidak bisa dihidupkan. Semua tombol tidak berfungsi, lampu tidak ada yang bisa menyala dan tidak ada kehidupan pada printer, ini adalah mengindikasikan bahwa printer mati total.

Untuk itu hal yang harus kita lakukan adalah dengan cara mengeceknya terlebih dahulu. Banyak sebab yang bisa membuat printer epson l120 mati total. Diantaranya Resistor pada printer terbakar atau terputus, IC power juga sangat berpengaruh terhadap printer mati, atau power printer mati.

Tutorial Mengatasi Printer Epson L120 Mati Total

Mengecek Penyebab Epson L120 Mati Total

  • Lakukanlah pengecekan listrik dengan menggunakan tespen atau bisa juga oben multitester pada kabel printer. Pastikan kabel power dan usb printer tidak ada masalah.
  • Apabila pada kabel terdapat sumber listrik, maka silakan cek pada Adaptop printer. Lepas terlebih dahulu adaptor/power supply printer. Apabila tidak ada aliran listrik yang masuk, maka bisa dipastikan adaptor printer mati. Gantilah dengan yang masih hidup atau yang baru.
    mengatasi printer epson l120 mati total lengkap
  • Dengan menggunakan cara diatas seharusnya printer sudah terdeteksi masalahnya. Jika belum bisa mendeteksi kesalahan mati total, maka kemungkinan yang sangat besar adalah terdapat masalah pada mainboard printer.
    mengatasi printer epson l120 mati total lengkap

Mengatasi Epson L120 Mati Total

Apabila sudah terdeteksi penyebab Printer Epson L120 mati total, pada contoh kali ini adalah mainboard printer mati total. Lakukanlah langkah-langkah berikut.

Loading...
  • Bongkarlah printer epson l120 dengan hati-hati.
  • Seteleh dibongkar, lepaskanlah mainboard printer dan lepaskanlah kabel yang terpasang. Pastikan jangan sampai ada kabel yang terputus atau terlepas lapisan emasnya.
  • Cek lah pada mainboard printer bagian Dioda Mainboard dengan menggunakan tester. Apabila dioda mati, gantilah dengan yang baru atau bekas printer epson l120 lain yang tidak terpakai.
  • Setelah itu cek pula pada Sekring mainboard printer atau fusenya. Kode sekring dengan tanda F1 dan letaknya pada pojok mainboard printer.
  • Apabila pada dioda dan fuse sudah di cek dan hasilnya masih baik maka kemungkinan yang mati adalah pada Transistor mainboard. Transistor ini letaknya sangat jelas, yaitu pada mainboard terdapat 2 transistor berjejer dan sama panjang lebarnya. Lihat gambar dibawah.
  • Gantilah Transistor dengan yang baru menggunakan solder uap atau bisa juga menggunakan solder biasa untuk melepas dan menggantinya. Pastikan transistor yang diganti sama serinya.
    mengatasi printer epson l120 mati total lengkap
  • Setelah transistor diganti, pasanglah kembali mainboard printer ke printer epson l120. Pasanglah baut dan kabel yang harus dipasang pada mainboard. Lalu rakit kembali printer epson l120.
  • Hidupkan kembali printer, semoga bisa kembali normal dan dapat digunakan.

Demikianlah Tutorial Mengatasi Epson L120 Mati Total yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi dalam mengatasi printer mati total.

Baca Juga: