Cara Reset Printer Canon MP237 dengan Mudah

Posted on

TutorialServis.com | Printer Canon MP237 adalah printer multifungsi yang dapat digunakan untuk print, copy, scan berkas. Printer ini banyak digunakan untuk kalangan pribadi maupun perusahaan dan UKM. Selain karena multifungsi juga harganya yang terjangkau. Namun perlu diketahui bahwa printer ini juga bisa mengalami kerusakan.

Printer ini adalah printer yang tergolong cepat dalam melakukan pencetakan  dokumen atau mengcopy berkas. Namun bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu jenis MP287 printer ini agak sedikit kurang dibagian tombol. Jika di printer MP287 terdapat tombol (+) yang bisa meng copy sebanyak 9 lembar sekaligus, di printer MP237 tidak terdapat tombol plus, jadi hanya bisa meng copy 1 lembar dalam setiap pengkopian.

Printer ini juga kadang mengalami error ketika sedang digunakan. Yang paling sering ketika printer sudah mencetak beribu-ribu dokumen akan mendeteksi jumlah maksimal cetak. Error yang dimaksud adalah printer blinking dan langsung berhenti. Itu artinya printer minta di reset.

Cara Reset Printer Canon MP237 dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini tutorialservis akan membagikan bagaimana cara reset printer canon MP237 dengan mudah. Untuk kalian yang memakai printer canon, sebaiknya membaca Cara Menggunakan Printer Canon dengan Baik dan Benar agar printer yang kalian miliki terhindar dari masalah ataupun error.

Error pada printer biasanya disebabkan oleh kesalahan pengguna ketika memakainya, seperti lupa mengisi tinta, tidak pas atau tidak rapi kertas yang dipasang, ada barang yang masuk didalam printer, ada kertas yang tersangkut didalam printer sehingga menyebabkan kertas tidak mau keluar. Oleh sebab itu kalian juga harus tahu Cara Merawat Printer Yang Baik dan selalu bersihkan printer secara berkala

Penyebab Error The Ink absorber

Pada umumnya di dalam printer terdapat bantalan berupa spons yang berfungsi untuk menyerap tinta hasil pencetakan yang tidak terpakai atau pembuangan. Spons tersebut akan menampung hasil pembuangan tinta, apabila printer sering melakukan pencetakan, otomatis bantalan akan penuh dan printer akan menampilkan pesan Error P07 (a printer error has occured) atau bisa juga E08 (Ink Absorber Full).

Cara Reset Printer Canon MP237
Pesan error tersebut mengindikasikan ada masalah pada printer canon MP237. Bagi pengguna yang masih awam tentu akan bingung bagaimana mengatasi error yang muncul. Namun, izinkan kami membantu pengguna untuk mengatasi masalah ini. Baca Juga: Canon G2000 Error 5b00

Langkah langkah Cara Reset Printer Canon MP237

Pertama: Ubahlah printer menjadi Service Mode

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengubah printer menjadi service mode. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pastikan posisi printer dalam keadaan mati. Jika printer masih hidup, matikan dahulu. Mengapa harus dimatikan? Karena service mode tidak bisa dilakukan jika printer masih dalam keadaan hidup.
  • Tekan tombol STOP/RESET di printer, jangan lepas. Kemudian beberapa detik tekan tombol POWER, jadi kedua tombol pada posisi tertekan bersama.
  • Lepas tekanan pada tombol Stop/Reset dan tahan tekanan di tombol Power.
  • Ketika tombol Power dalam keadaan tertekan, jarak 3 detik tekan tombol stop/reset sebanyak 6 kali lalu lepas kedua tombol bersama.
  • Printer akan mendeteksi device baru, abaikan saja. Printer sudah dalam kondisi service mode.
  • Jika langkah diatas gagal, ulangi kembali. Baca dan lakukan dengan benar.

Kedua: Reset Printer Menggunakan Resetter

  • Downloadlah resetter canon mp237 terlebih dahulu. atau copy link ini mediafire.com/file/8blr0a368ckai16/Service_tool_v3400.rar di browser, lalu tekan enter. download file resetter
  • Setelah download berhasil,, ekstrak file resetter menggunakan winrar.
  • Siapkan 2 lembar kertas untuk mencetak file hasil reset.
  • Lalu jalankan resetter Mp237 dengan cara klik 2 kali pada Setup V3400.exe
  • Pada Tab Clear Ink Counter pilih Main, lalu klik Set (gambar no 1) maka printer akan mengeprint 1 lembar berisi tulisan D=0000
  • Klik EEPROM dibagian atas (gambar no 2) pilih OK, maka printer akan mencetak 1 lembar berisi keseluruhan total halaman (total page) printer dan banyak tulisan
  • Lalu langkah terakhir adalah klik Set pada Ink Absorber Counter (gambar no 3) pilih OK
  • Selesai. Matikanlah printer canon mp237 lalu hidupkan kembali. Pastikan ikuti langkah demi langkah. Jika tidak berhasil Ulangi langkah dari awal
    Cara Reset Printer Canon MP237 dengan Mudah

Demikianlah cara [100% Worked] Cara Reset Printer Canon MP237 dengan Mudah. Semoga bisa dipraktekan dengan baik, sehingga dapat mengatasi sendiri tanpa perlu membawanya ke tempat servis printer.