Cara Kompres MP3

Posted on

Pada era seperti saat ini, dapat dikatakan bahwa audio atau mp3 merupakan salah satu hal wajib yang dimiliki. Selain mampu mengisi suasana yang terkesan sepi, terkadang Anda juga membutuhkan mp3 untuk suatu kepentingan tertentu. Misalnya saja, kebutuhan untuk tugas sekolah, kebutuhan kantor atau perusahaan, serta berbagai macam kebutuhan yang lain.

Akan tetapi, permasalahan yang sering Anda alami dalam hal mp3 ini terdapat pada ukuran filenya. Ukuran file mp3 yang terlalu besar, tentunya akan memaksa Anda untuk menyisikan ruang yang lebih besar. Tidak hanya itu, Anda juga membutuhkan data yang tidak sedikit ketika harus mengupload mp3 yang berukuran besar. Untuk menangani masalah tersebut, Anda dapat kompres mp3.

Dalam bidang audio khususnya mp3, kompres merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengecilkan ukuran dari file audio tersebut. Dengan melalui kompresi ini, maka file mp3 yang tadinya berukuran besar akan menjadi lebih kecil. Apabila Anda memerlukan kompresi ini, maka Anda dapat mengikuti cara sebagai berikut.

Cara Kompres Mp3

cara kompres mp3

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melakukan kompresi pada mp3 yang dimiliki. Mulai dari cara offline dengan bantuan aplikasi ketiga, hingga bantuan dari situs yang khusus menyediakan layanan kompresi audio. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan kompresi mp3 yang Anda miliki.

#1 Dengan Media.io

Cara pertama yang dapat Anda coba untuk melakukan kompresi mp3 adalah dengan menggunakan sebuah situs yang bernama Media.io. Media.io ini merupakan situs yang dibuat secara khusus untuk melakukan kompresi file berupa media, baik itu video maupun audio. Untuk itu, langsung saja berikut cara kompres mp3 dengan situs Media.io yang perlu Anda ikuti.

1. Hal pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah membuka web browser yang ada di smartphone ataupun komputer Anda.

2. Ketika web browser sudah terbuka, maka Anda dapat langsung menuliskan alamat situs yakni “media.io” dalam kolom URL pada browser tersebut.

3. Tunggu selama beberapa saat hingga halaman situs Media.io terbuka.

4. Setelah itu, klik pada tombol + yang berada di atas tulisan “Drag & Drop or Hit to Add File”.

kompres file mp3 online

5. Nantinya, Anda akan disuruh untuk memilih salah satu file mp3 yang akan ukurannya dikecilkan.

6. Selanjutnya, pilih format yang diinginkan. Lalu pilih juga kualitas bitrate mp3 yang Anda butuhkan. Dapat dikatakan bahwa bitrate standar pada sebuah mp3 yakni sebesar 123 kb/s. Jadi Anda dapat memilih bitrate 96 kb/s untuk membuat ukurannya menjadi lebih kecil.

Pengen Download Video di Youtube Tidak Tahu Caranya? Baca tutorialnya disini

7. Langkah selanjutnya, pilih opsi “Convert”. Tunggu selama beberapa saat sampai proses kompresi ini selesai.

8. Ketika proses kompresi tersebut sudah selesai, maka Anda dapat mengklik tombol download yang tersedia untuk mengunduh file mp3 dengan ukuran baru yang lebih kecil.

#2 Konverter Audio Online

Selain Media.io, Anda juga dapat menggunakan sebuah situs yang bernama Konverter Audio Online. Sama halnya dengan Media.id, Konverter Audio Online ini juga merupakan sebuah situs yang dibuat secara khusus untuk melakukan kompresi terhadap suatu file mp3 agar menjadi lebih kecil. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda ikuti.

1. Tahapan pertama yang harus Anda lakukan, tentunya dengan membuka situs bernama online-audio-converter.com/id/.

2. Setelah situs tersebut terbuka, maka Anda perlu untuk mencari opsi yang bernama “buka file” atau langsung saja mengambil dari Google Drive Dropbox dan juga memasukkan URL dari sumber file tersebut.
Konverter Audio Online

Loading...

3. Tunggu selama beberapa saat sampai file mp3 yang ingin dikompresi selesai diupload.

4. Kemudian Anda dapat memilih format baru yang untuk mp3 yang diupload. Namun jika Anda menginginkan ukuran kecil, maka Anda harus memilih format mp3.

5. Lanjut dengan memilih kualitas untuk mp3 tersebut. Karena Anda ingin mengecilkan ukuran dari file mp3, maka Anda dapat menentukan bitrate sebesar 64 kbps.

6. Apabila sudah ditentukan, klik pada opsi “konversikan” untuk segera melakukan proses kompresi audio.

7. Tunggu sampai proses kompresi ini selesai, dan pastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan stabil agar tidak terjadi kesalahan dalam proses tersebut.

8. Ketika proses kompresi ini selesai, maka Anda dapat langsung mengklik opsi “unduh” untuk menyimpan file mp3 yang berukuran lebih kecil tersebut di perangkat Anda.

9. Selain itu, Anda juga dapat langsung menyimpan file mp3 ke Dropbox ataupun Google Drive.

#3 Dengan MP3Smaller

Situs ketiga yang dapat Anda gunakan untuk melakukan kompresi file berupa mp3 adalah MP3Smaller. Dapat dikatakan bahwa situs yang satu ini memiliki penilaian cukup bagus dari para penggunanya, karena mampu mengecilkan ukuran file mp3 tanpa mengurangi kualitasnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba situs ini, maka berikut langkah-langkah yang perlu Anda simak.

  • Langkah pertama, buka web browser yang sudah terinstal di smartphone maupun komputer yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, akses situs dari MP3Smaller.
  • Ketika halaman utama dari MP3Smaller sudah terbuka, maka Anda perlu mengklik menu yang bertulisan “browse”.
  • Nantinya akan terbuka halaman yang dapat Anda gunakan untuk memilih file mp3 yang ingin Anda kecilkan ukurannya.
  • Jika mp3 yang ukurannya akan dikecilkan sudah ketemu, maka pilih dan klik open.
  • Lalu pilih besaran bitrate yang Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat ukuran dari mp3 tersebut menjadi lebih kecil, maka dapat memilih opsi “medium 80Kbps”.
  • Lanjut dengan mengklik tombol “upload file” dan tunggu sampai proses loading selesai.
  • Ketika halaman sudah termuat ulang, maka file mp3 dari hasil kompresi akan tersedia lengkap dengan ukuran yang baru.
  • Langkah terakhir, Anda hanya perlu mengklik file baru tersebut untuk menyimpannya di perangkat yang digunakan. 

#4 Kompres MP3 di Android dengan Compress Video

Tidak hanya dengan menggunakan situs yang dibuat khusus untuk melakukan kompresi mp3, Anda juga dapat kompres mp3 dengan menggunakan aplikasi yang bernama Compress Video melalui smartphone Android.

Suka Smulean? Ingin mendownload videomu? Silakan Baca Cara Download Video Smule

Meskipun fungsi utama dari aplikasi tersebut adalah mengkompres video, namun Anda dapat memanfaatkannya untuk mengkopres audio. Berikut ini caranya.

  • Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload dan menginstal aplikasi Compress Video melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi Compress Video, maka Anda dapat langsung membuka aplikasi tersebut.
  • Kemudian, cari menu yang berfungsi untuk mencari atau memilih file yang akan dikompresi. Klik pada menu tersebut.
  • Nantinya akan muncul sebuah jendela, di mana jendela itu dapat Anda gunakan untuk memilih file yang akan dikompres. Karena tujuan utamanya adalah mengkompres mp3, maka Anda dapat memilih file yang berformat mp3.
  • Setelah itu, tentukan format baru serta bitrate dari mp3 tersebut. Untuk formatnya, pastikan tetap menggunakan format mp3. Sedangkan untuk bitratenya, Anda dapat memilih ukuran 80Kbps.
  • Jika semua sudah ditentukan, maka Anda dapat mentap menu yang berfungsi untuk melakukan kompresi. Tunggu sampai proses kompresi ini selesai.
  • File baru hasil kompresi akan tersimpan dalam memori pada smartphone Android Anda secara otomatis.

Itulah beberapa cara untuk mengecilkan ukuran mp3. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya