Cara Mengoperasikan Komputer Yang Baik dan Benar

Posted on

Dijaman serba canggih saat ini kebutuhan akan ilmu Komputer sangat banyak. Baik dunia sekolah, kantor atau di desa sekalipun. Untuk itu pengetahuan komputer harus diketahui banyak orang, yang caranya adalah bisa dengan mengikuti kursus, private atau belajar melalui internet.

Banyak media untuk belajar komputer atau laptop. Bisa dari buku yang dimulai dengan teknik dasar, menengah hingga mahir. Seorang yang memiliki pengetahuan dalam bidang komputer tentu memiliki nilai lebih daripada tidak sama sekali.

Karena dengan memiliki skill dibidang komputer, untuk memperoleh pekerjaan tentu lebih mudah dalam artian ada pertimbangan tersendiri daripada tidak memilikinya.

Cara Mengoperasikan Komputer
cara mengoperasikan komputer

Untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui ilmu komputer secara online silakan membuka internet dan mencari-cari ilmu gratis yang salah satunya adalah di website www.TutorialServis.Com ini.

Mengoperasikan komputer bukanlah hal yang sulit bagi anda yang ingin benar-benar belajar. Anda hanya cukup mempelajari dan mempraktekkan ilmu yang anda dapat dari buku, internet, teman, dan media lain secara langsung.

Baca Juga: Definisi Web Server

Karena belajar yang baik adalah dengan langsung praktek agar bisa lebih paham. Untuk itu berikut ini adalah beberapa cara mengoperasikan komputer yang bisa admin bagikan untuk anda yang sedang belajar.

Menyiapkan Komputer

Sebelum mengoperasikan komputer, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengecek semua perangkat komputer apakah sudah terpasang dengan baik dan benar.

Pastikan anda mengecek jek-jek seperti kabel power, kabel port USB keyboard, port USB mouse dan perangkat lainnya. Jika setelah dicek pastikan juga bahwa listrik sudah dalam kondisi stabil atau kuat untuk menghidupkan sebuah personal computer.

Menghidupkan Komputer

Setelah menyiapkan semua perangkat diatas, maka saatnya untuk menghidupkan komputer atau menyalakannya. Berikut ini caranya yang sangat mudah.

  • Pada komputer akan terlihat tombol POWER, maka agar hidup tekanlah tombol tersebut. Kemudian tekan pula tombol power pada monitor yang biasanya sudah ada simbol yang menunjukkan tombol tersebut adalah tombol power.
  • Tunggulah beberap saat proses booting selesai dan akan terlihat jendela Windows pada komputer anda. Komputer telah siap anda gunakan.

Mengoperasikan Komputer

Setelah komputer hidup dan siap digunakan, selanjutnya yaitu mengoperasikan komputer. Anda dapat menggunakan komputer dengan menyesuaikan kebutuhan anda, seperti ingin menulis proposal, skripsi atau menghitung keungan maka cukup menggunakan aplikasi Microsoft Office (MS Word).

Loading...

Didalam MS. Word terdapat aplikasi untuk mengolah kata, data dan angka. Yaitu microsoft office word, excel, power point, note dan lain sebagainya.

Sedangkan jika anda ingin mengunjungi situs website maka silakan menggunakan Browser seperti Internet Explorer, Chrome, Firefox, Safari, Opera dan lainnya.

Lalu jika ingin mengirim email dapat menggunakan Yahoo Mail, Google Mail, Hotmail dari Microsoft. Untuk mengakses internet baik browsing atau mengirim email maka dibutuhkan perangkat modem, dan paket data dari operator.

Dapat pula menyambung Wifi dari ISP (Internet Service Provider) seperti Telkom Speedy, Indihome Fiber Optik dan ISP lainnya.

Kemudian jika anda suka dengan dunia menggambar dan edit foto maka dapat menggunakan aplikasi Pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator dan lain sebagainya.

Ada juga software pengolah Video seperti Corel Video Studio, Adobe After Effect, Ulead Video Studio, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk mendengarkan lagu atau video bisa dengan membuka/menginstal aplikasi Winamp, AIMP3, Gom Player, KLC Player dan lainnya.

Mencetak Dokumen dari Komputer

Untuk mencetak dokumen anda membutuhkan Printer sebagai medianya. Dengan printer anda dapat mencetak foto, dokumen, berkas penting (proposal, tugas, skripsi) dan lain lain. Silakan membeli printer baik Merk Canon, Epson, HP dan lain sebagainya.

Mematikan Komputer

Untuk mematikan komputer ada langkah-langkah yang harus diperhatikan, sangat berbeda sekali dengan ketika menghidupkan yaitu hanya menekan tombol power.

Langkah mematikan koputer tidak langsung dengan menekan tombol powernya, berikut ini langkah demi langkah untuk mematikan komputer.

Selesaikan dahulu semua pekerjaan anda, pastikan semua aplikasi sudah dikeluarkan (Close) dan disimpan dengan baik. Artinya anda sudah tidak menggunakan aplikasi lagi.

Lalu klik menu Start (Logo Windows sebelah kiri pojok bawah layar untuk Windows 7 keatas), kemudian pilih Shutdown atau Power. Pilih Off atau Shutdown. Hal ini memiliki sedikit perbedaan di setiap sistem operasi, namun secara umum sama caranya.

Tunggu proses shutdown hingga selesai, dan komputer benar-benar dalam kondisi mati. Kemudian matikan monitor dengan menekan tombol powernya, dan juga pada speaker.

Silakan cabut kabel yang terpasang di power listrik atau stop kontak. Hal ini harus dilakukan agar terhindar dari konsleting listrik serta bisa menghemat pengeluaran daya.

Itulah panduan lengkap mengoperasikan komputer dari mempersiapkan, menyalakan, mengoperasikan dan mematikan komputer. Semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar komputer atau mengajari anak, saudara anda. Terimakasih sudah berkunjung semoga sukses selalu.