Cara Mengatasi Error E03 Canon Mp287 [WORKED]

Posted on

TutorialServis.Com | Setelah banyak pembahasan error pada printer canon Mp287, kali ini admin tutorialservis akan membagikan pula cara mengatasi error e03 canon mp287.

Untuk kode error lain pada printer canon mp287 bisa dilihat pada dibawah postingan ini. Jadi sebaiknya anda membacanya hingga selesai agar paham cara mengatasi error e03 canon mp287 ini. Baca Juga : Cara Mengatasi Error P02 Canon Mp287

Indikasi printer ini error adalah ketika akan mencetak tiba-tiba muncul error e03 pada lcd printer dan tidak bisa mencetak dokumen.

Error E03 Canon Mp287
Error E03 Canon Mp287

Permasalahan diatas sebenarnya sangat sepele, namun apabila tidak ditangani dengan serius akan membuat printer tidak bisa mencetak.

Biasanya error ini muncul karena didalam tempat meletakkan kertas terdapat benda kecil yang tidak sengaja masuk, sehingga menghalangi kertas untuk masuk ke sensor. Seringkali admin menemukan benda yang masuk didalam roller atau tempat memasukkan kertas seperti putung rokok, pensil, klip kertas, penghapus, kertas yang sobek karena nyangkut, pena.

Sebenarnya cara menyelesaikan masalah ini adalah dengan melihat apakah didalam tatakan kertas ada barang atau sesuatu yang menyangkut, apabila ada maka dapat diambil dengan menggunakan obeng minus yang digunakan untuk mengganjal besi sensor kertas. Tetapi hal ini tentu akan susah karena untuk pengguna yang awam tentang printer.

Baca Juga: Cara Mengatasi Error E04 Canon Mp287

Untuk itu perkenankan admin membagikan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk membaca sampai selesai biar paham.

Mengatasi Error E03 Canon Mp287 Sensor Kertas Error

Pastikan printer dalam kondisi off, cabutlah kabel power dan kabel usb

Cobalah mengecek pada tempat meletakkan kertas/roll penarik kertas. Mungkin ada benda atau kertas sobek yang nyangkut didalam

Apabila terdapat seperti koin, cobalah dengan mengangkat printer dan membalikkan printer. Tapi tutuplah tabung infus terlebih dahulu apabila printer sudah dipasang infus
error e03 canon mp287

Loading...

Apabila terdapat kertas yang nyangkut, bongkarlah printer dan lepaskan scanner dari printer. Bukalah pada bagian roll penarik kertas, biasanya kertas nyangkut disitu. Cek pula ada bekas kertas yang nyangkut karena sobek. Bisa jadi ini penyebab error pada printer.

Bersihkan pula pita printer, piringan timing disk dari kotoran atau tinta yang menempel

Setelah semua benda dapat dikeluarkan, maka pasang kembali casing printer dan cobalah untuk mencetak dokumen. Pastikan tidak ada baut atau komponen yang tertinggal atau lupa dipasang karena bisa juga menyebabkan error.

Baca JugaCara Mengatasi Canon Mp287 Error B200

Biasanya ketika masalah ini teratasi, printer kembali normal dan dapat digunakan untuk mencetak

Cara ini juga bisa digunakan ketika printer  paper jam solution atau paper jam error

Apabila cara ini tidak berhasil, kemungkinan sensor kertas ASF error. Maka lakukanlah penggantian sensor tersebut. Sensor ini bekerja didalam printer, untuk menggantinya maka harus dibongkar kembali casing printer satu persatu.

Lalu carilah sensor yang masih bagus dari printer lain atau dapat membelinya di toko komputer. Jika anda takut dalam mengganti atau melepas sensor maka disarankan untuk membawanya ke tempat service di sekitar anda.error e03 canon mp287

Error E03 Canon MP287 Karena Paper Jam
Error E03 Canon MP287 Karena Paper Jam

Selain permasalahan pada sensor kertas, bisa jadi error pada printer MP287 dengan kode error E03 adalah disebabkan karena kertas paper jam. Untuk mengatasinya anda dapat menerapkan cara berikut:

Bukalah printer dan cek pada tempat/bak cleaning head yang letaknya di sebelah kanan printer. Terkadang ada sesuatu yang menjadi penghambat berjalannya bak cleaning head tidak normal.

Anda dapat membersihkan bak cleaning dengan menggunakan tisu kering dari kotoran yang menempel atau tersangkut di bak. Cek juga pada bagian roller printer pada tempat masukknya kertas pertama kali. Kemungkinan ada kotoran atau kertas yang tertinggal di dalamnya.

Demikianlah Cara Mengatasi error e04 canon mp287 yang dijelaskan dengan lengkap dan mudah. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Terimakasih telah berkunjung